Pengertian Hardware, Software, Brainware dan Contohnya

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai komputer, ada kalanya kita memperlajari terlebih dahulu dasar-dasarnya. Nah sekarang apa itu Hardware, Software,dan Brainware komputer? – Komputer memiliki 3 komponen yang berperan penting guna untuk menjalankan sistem komputer atau jalannya komputer. Tanpa ke-3 komponen utama tersebut, komputer tidak bisa dijalankan dengan baik. Mungkin beberapa dari kalian masih ada yang belum  paham tentang 3 komponen utama komputer ini. Karena itu kali ini saya akan sedikit  menjelaskan tentang pengertian 3 komponen utama komputer yaitu Hardware, Software dan Brainware lengkap berserta dengan contohnya.

Langsung saja kita bahas mengenai Hardware, Software dan Brainware.
https://questilmu.blogspot.co.id/
Hardware Software Brainware

  1. Hardware
    Hardware atau perangkat keras adalah komponen utama pembentuk sistem komputer yang alatnya dapat kita lihat dan dipegang. Hardware mempunyai fungsi untuk mendukung proses komputerisasi.Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu :
  2. • Input Device Perangkat Masukan ) : Berfungsi untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer. Contoh dari Input Device seperti :

                                                Mouse                                                Keyboard


  3. • 
  4. Process Device Perangkat Pengolah Data ) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device, setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari Proses Device seperti :

                                              Processor                                             Motherboard
  5. • Output Device ( Perangkat Keluaran ) : Berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukan dengan Input Device. Contoh dari Output Device seperti


                                                Speaker                                                  Monitor
  6. Software
    Software atau Perangkat lunak berfungsi untuk memproses data atau perintah / intrsuksi hingga dapat hasil atau menjalankan berbagai perintah. Software ada beberapa macam seperti :
    • Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contoh Sistem Operasi seperti :


                                       

        Windows                                              Linux

    Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan keperntingan pengguna. Contoh Software Aplikasi seperti :


               Microsft Office                          Photoshop
  7. Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. atau bisa dikatakan juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.
Brainware dibagi menjadi beberapa macam seperti : 
• Operator : Orang yang tugasnya melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer lain. 
• Programmer : Orang yang menguasai bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang. 
• Administrator : Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

Post a Comment